Peluang Usaha Rumahan Kerja Sampingan Modal Kecil

BISNIS RUMAHAN MODAL KECIL UNTUK PENGANGGURAN / PHK

Artikel terkait : BISNIS RUMAHAN MODAL KECIL UNTUK PENGANGGURAN / PHK

Bisnis Rumahan Modal Kecil | Beberapa waktu lalu, tercatat terjadi Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK di sejumlah daerah. Di dua bulan pertama di tahun 2016 ini telah terjadi pemulangan tenaga kerja sebanyak lebih dari 12.000 pekerja. Pemecatan ini terjadi karena efesiensi yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk menekan pengeluaran yang tidak seimbang dengan pemasukan. Dengan kondisi ekonomi Indonesia yang memburuk membuat daya beli masyarakat menjadi berkurang sehingga penjualan perusahaan berkurang yang berakibat pada penurunan omzet. Dengan omzet yang turun namun pengeluaran yang sama maka tentu akan mengakibatan ketidak seimbangan arus kas peruahaan sehingga PHK menjadi salah satu cara dalam mengefisensikan sumber daya modal.

Terkait dengan kondisi tersebut di atas, maka bagi karyawan yang terkena PHK, salah satu alternatif cara yang bisa di lakukan tentu dengan mencari pekerjaan baru atau mencoba untuk membuka lapangan kerja baru dengan berwirausaha membuka bisnis rumahan di rumah. PHK yang dilakukan oleh perusahaan biasanya akan diberi kompensasi uang pesangon dari perusaaan dan uang tersebut meski mungkin tidak besar jumlahnya namun tentu bisa untuk membuka usaha rumahan dengan modal kecil.

BISNIS RUMAHAN MODAL KECIL

Salah satu contoh nyata karyawan yang terkena PHK namun sukses menjadi pengusaha adalah Sandiaga Salahudin Uno, pengusaha yang pernah menempati urutan ke-29 orang terkaya di Indonesia. Pada tahun 1998 terjadi krisis moneter di Indonesia yang mengakibatkan banyak perusahaan yang gulung tikar dan tentu banyak pekerja yang akhirnya mengalami pemutusan hubungan kerja. Sandiaga Uno pun merasakan hal tersebut. Namun demikian, ia sukses menjalankan perusahaan di bidang keuangan. 

Ada yang menarik dari kisah Sandiaga Uno dimana beliau mengatakan bahwa "
Modal besar? Yang paling penting ide. Ide kita itu kalau misalnya bisa dikemas dengan baik, uang ngejar kita kok. Saya memulai usaha juga tidak pakai modal yang banyak-banyak, "
Jika anda masih penasaran siapa Sandiaga Uno. Silahkan Search saja di Google.

Nah, berbicara masalah ide bisnis. Berikut ini akan saya sajikan beberapa ide bisnis rumahan modal kecil untuk mereka yang kena PHK atau yang sekarang belum juga diterima bekerja sehingga berstatus pengangguran. Apa saja ide bisnis rumahan tersebut? silahkan di simak :

  • Usaha Rumahan Kuliner 
    Makanan merupakan jenis kebutuhan primer yang akan terus dibutuhkan oleh manusia sampai kapanpun selagi manusia belum menjadi robot. Kebutuhan yang terus ada serta prospek yang terus terbuka bagi siapapun membuat bisnis kuliner dari tahun ke tahun semakin bertambah dan beragam. Kreatifitas manusia mendorong terciptanya banyak resep baru meski dari bahan - bahan yang sangat biasa kita lihat. 

    Bisnis RUmahan Modal Kecil
    Lihatlah bagaimana jamur kemudian dirubah menjadi keripik, bahkan pare yang kita kenal sebagai makanan yang memiliki cita rasa pahit bisa dirubah menjadi salah satu ide bisnis keripik pare. Lele yang awalnya menjadi makanan yang merakyat di rubah menjadi makanan elit dengan munculnya waralaba pecel lele lela. Beberapa contoh tersebut membuktikan bahwa usaha rumahan kuliner terus berkembang dan prospeknya tetap cerah.


    Ada beberapa jenis usaha kuliner yang bisa anda jadikan pilihan diantaranya adalah "
    - Usaha kuliner aneka minuman juz buah
    - Usaha Minuman Instan seperti Pop Ice, Soda Susu dll
    - Usaha makanan siap sajai
    - Usaha Makanan ringan seperti cemilan
    - Usaha bumbu instan

  • Usaha rumahan Counter Pulsa Berjalan
    Sudah kita ketahui bersama bahwa pulsa merupakan kebutuhan yang hampir setiap orang membutuhkannya. Dengan munculnya alat komunikasi seluler yang lebih cepat daripada surat lewat pos atau praktis di banding email ala Google atau Yahoo, membuat kebutuhan telepon seluler semakin meningkat. Setali tiga uang, kebutuhan telepon genggam juga membuat kebutuhan akan pulsa semakin meningkat terlebih kini pulsa tak hanya sekedar untuk sms atau telepon tapi juga sebagai pembayaran listrik, serta quota internet.

    Nah, karena kebutuhan pulsa kian meningkat maka tentunya memberikan peluang bisnis bagi mereka yang sedang mencari usaha rumahan modal kecil. Menjual pulsa bisa jadi alternatif bagi anda yang ingin belajar wirausaha atau sekedar usaha sampingan dengan modal kecil. Dengan hanyan modal sebuah HP jadul plus murahan serta deposit pulsa seharga Rp. 50.000 anda sudah dapat menjalankan bisnis ini. 

    Adapun bagaimana tingkat kesuksesan anda, tergantung bagaimana anda mencari langganan serta bagaimana anda mengatur arus kas usaha anda. Lalu bagaimana jika saya tidak mampu membeli atau menyewa counter pulsa? Jangan risau, jadilah counter berjalan. Anda tidak perlu menyewa ruang khusus, cukup kabarkan kepada kerabat anda atau teman anda bahwa anda menjual pulsa dan mintalah kepada mereka untuk berlangganan pulsa kepada anda.
  • Bisnis rumahan budidaya lele terpal
    Sejauh ini, tingkat konsumsi ikan lele semakin meningkat. Kebutuhan yang tinggi akan ikan lele membut ikan ini terus mendominasi pasaran. Cita rasa gurih serta murah membuat ikan ini menjadi favorit ikan air tawar di Indonesia. Tak dapat dipungkiri jika kemudian ikan lele di konsumsi di seluruh Indonesia.

    Perkembangan teknologi genetika kemudian semakin menambah cerahnya usaha rumahan perikanan ini. Munculnya varietas macama lele sangkuriang, phiton dan sejenisnya telah membuat para petani berharap banyak. Karena jenis ikan lele ini termasuk lele unggulan yang memiliki tingkat kematian lebih rendah namun memiliki waktu pertumbuhan lebih singkat. 

    Ada beberapa model pengelolaan usaha rumahan budidaya ikan lele dari segi tipe budidaya seperti pembesaran hingga konsumsi, pembibitan, penetasan atau pembesaran hingga ukuran tertentu. Untuk media usaha bisa menggunakan terpal, kolam semen permanen atau kolam tanah. Jika modal anda termasuk minim, anda sebaiknya mencoba budidaya ikan lele terpal untuk pembesaran ke ukuran tertentu. Selain modal lebih kecil, masa panen juga tidak terlalu lama karena anda bisa menjual ikan anda sebulan sekali.

Tiga jenis usaha rumahan di atas kiranya sangat tepat untuk mereka yang masih pengangguran atau baru saja terkana pemutusan hubungan kerja. Namun demikian tidak terlalu menyita waktu anda sehingga anda bisa tetap mencari pekerjaan apabila anda ingin terus mendapatkan pekerjaan tetap dengan gaji bulanan. 

Semoga artikel tentang macam bisnis rumahan modal kecil untuk pengangguran di atas bisa bermanfaat untuk anda dalam menuntaskan masalah penghidupan anda. Salam sukses dan semoga berhasil.

Artikel Peluang Usaha Rumahan Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Peluang Usaha Rumahan